Cover ATA III STIBA DUBA Pamekasan

By: Admin | 21 September 2018 | 53
Cover ATA III STIBA DUBA Pamekasan
Cover ATA III STIBA DUBA Pamekasan

Semua mahasiswa/i, baik yang lama atau yang baru, berkumpul di Mushalla Putri Pon-Pes Darul Ulum Banyuanyar. Mereka sangat antusias mengikuti Mukhadharah Ammah (Stadium General) yang diselenggarakan oleh Sekolah Tinggi Ilmu Bahasa Arab (STIBA) Darul Ulum Banyuanyar. Selain itu, pengurus pesantren serta pimpinan kampus juga ikut serta dalam kegiatan ini. Ada RKH. Amin Zaini Ra'ie, MA., sebagai dewan pengasuh, Abd. Muqid, M.Pd., sebagai PK I STIBA, Syamsul Ar., M.Pd., sebagai PK III STIBA serta pimpinan-pimpinan kampus yang lain.

Kegiatan tahunan yang bertujuan untuk memberikan wawasan tentang keislaman dan kebahasa-araban bagi semua mahasiswa/i sebelum memulai perkuliahan ini, juga diisi oleh pambicara yang kapabel di bidangnya. Beliau adalah Dr. Halimi Zuhdi, M.Pd. yang namanya sudah tidak asing lagi bagi para pecinta bahasa ahli surga di Indonesia. Sedangkan yang bertindak sebagai rais al-jilsah-nya adalah Muhsin Muis, (yang namanya juga tidak asing lagi bagi istrinya :D)

Dalam uraiannya, pada hari Sabtu, 15 September 2018., pria yang aktif sebagai dosen UIN Maliki Malang itu menjelaskan, bahwa pada abad ke VII merupakan masa keemasan Bahasa Arab. Di mana, saat itu, Bahasa Arab sedang naik daun. Ia menjadi trending topik di pelbagai penjuru dunia. Sehingga, orang-orang Eropa pada saat itu mulai mengadopsi kosa-kata Bahasa Arab ke dalam bahasanya.

Salah satu contohnya adalah kata “Cover”. Pria yang juga aktif sebagai penulis itu menjelaskan, bahwa kata “Cover” dalam Bahasa Inggris, yang berarti sampul buku dalam Bahasa Indonesia itu diambil dari kata Bahasa Arab, “???”, yang dalam Bahasa Indonesia memiliki arti tutupan. Karenanya, orang yang menutup pintu hatinya dari kebenaran yang hakiki, maka ia disebut dengan kafir (penutup). Nah, yang dimaksud ??? (Cover) di sini adalah penutup buku.

(EmThree).