STIBA Miliki Presma Baru Setelah KONGRES II

By: Faisal Amir | 12 Februari 2019 | 253
Kandidat Paslon Presma dan Wapresma
Kandidat Paslon Presma dan Wapresma

BANYUANYAR- Senin, 11/02/19. STIBA (Sekolah Tinggi Ilmu Bahasa Arab) Darul Ulum Pondok Pesantren Banyuanyar menyelenggarakan kongres II (pemilihan presiden dan wakil presiden mahasiswa priode 2019-2020). Pesta demokrasi yang diikuti oleh seluruh Mahasiswa dan civitas akademik ini terdapat dua kadindat calon presma dan wapresma yakni pasangan nomer urut 01 atas nama Ghufron bersama Moh. Hafidz dan pasangan Nomer urut 02 atas nama Moh. Hafifuddin  bersama Ma’ruf Ali yang akan menggantikan presma yang sebelumnya yakni Moh. Busri. Kegiatan kali ini selain dihadiri oleh seluruh mahasiswa turut juga mengundang civitas akademika STIBA serta menyaksikan secara langsung prosesi sidang kongres. Rangkaian acara siang itu juga digelar, diawali dengan pembukaan, pembacaan ayat-ayat Al quran, menyanyikan lagu kebangsaan, sambutan, sidang kongres dan penutup yang kemudian dilanjutkan dengan pencoblosan surat suara.

Turut memberikan sambutan pada acara itu, pembantu ketua I (bagian akademik) Bapak Abdul Mukit, S.Th.I, M.Pd. beliau menyinggung akan besarnya kiprah mahasiswa dalam menyumbangkan kontribusi-kontribusi bagi bangsa serta pentingnya pergerakan kepemudaan khususnya mahasiswa. Sebab, tidak bisa dipungkiri eksistensi mahasiswa sebagai penyambung lidah masyarakat dalam menyampaikan aspirasi kepada pemerintah sangat besar peranya, selain dekat dengan masyarakat mahasiswa memiliki kemampuan menggagas ide pemikiran, memiliki kepekaan sosial serta kreatifitas dalam membangun integritas yang menjadikanya sebagai aset yang sangat berharga.

Beliau juga menukil ayat al Quran lewat kisah ashabul kahfi dalam surat al Kahfi, bahwa keutamaan mereka ashabul kahfi bukan hanya terdapat keimanan dalam hatinya, melainkan ada sisi fityah kepemudaan dengan arti mempunyai spirit dan kesemangatan dalam mengaplikasikan ilmu pengetahuan dalam kehidupan bersosial, sebab sebaik baik manusia mereka yang paling bermanfaat bagi sesama. Di akhir sambutan beliau berharap agar dalam pemilihan presma kali ini, selain berjalan dengan lancar juga dapat menemukan presma yang amanah dan lebih baik dari sebelumnya serta membawa kebaikan bagi kampus.

Acara berikutnya yaitu kongres ke II STIBA dengan mengusung tema “Mengukuhkan nilai-nilai demokratis bagi masa depan bangsa Indonesia”. Bertindak sebagai Presidium sidang Faisal Amir (Pimpinan sidang), Moh. Busri (Wakil Ketua sidang) dan Lutfi Afandi Yusuf (Sekretaris sidang). terlebih dahulu membacakan pasal pasal mengenai sistem dan ketentuan-ketentuan yang terdapat dalam ad/art pemilihan presma periode 2019-2020. Dan setelah semua disepakati, kemudian dilanjutkan pencoblosan serentak yang juga dihadiri langsung oleh paslon nomer urut 01 dan nomer urut 02 yang sebelum itu satu persatu paslon menyampaikan visi misi dan komitmenya jika terpilih nanti.

Proses pencoblosan pun berjalan dengan aman dan tertib, seluruh mahasiswa juga ikut memberikan dukunganya lewat surat suara. Dan sekitar kurang lebih 15 menit pencoblosan bisa diselesaikan. Quick count pun dilakukan setelah semua peserta selesai mencoblos. Dan akhirnya pasangan Nomer urut 01 keluar sebagai pemenang setelah unggul dari paslon nomer 02 dan akhirnya memenangkan pemilihan kali ini, yakni atas nama Gufron asal karang penang sampang dan Moh. Hafidz yang berasal dari sumenep. (A.Tamami/*)