Wakil Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Timur Buka Parisada Ke-XVII

By: Naufal El Fany | 19 Februari 2022 | 511
Pembukaan secara simbolis oleh Dr. Zamzami Sabiq, M. Psi.
Pembukaan secara simbolis oleh Dr. Zamzami Sabiq, M. Psi.

PLAKPAK - Gugus Depan 963 Gerakan Pramuka Darul Ulum Banyuanyar untuk kali ke-17 menyelenggarakan Perkemahan Ajang Silaturahmi dan Persahabatan (PARISADA) Se-Jawa Timur Plus. Acara yang digelar di Lapangan Karang Taruna Bunut, Plakpak, Pegantenan, Pamekasan itu dibuka secara resmi oleh Wakil Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Jawa Timur Bidang Bela Negara dan Gugus Depan Perguruan Tinggi, Dr. Zamzami Sabiq, M.Psi., mewakili Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Timur, H. Arum Sabil, SP.

Dalam amanatnya sebagai pembina acara, Dr. Zamzami meminta agar ajang PARISADA ini dimanfaatkan untuk silaturahmi. "Jadi, dalam tiga hari selama perkemahan ini jangan sampai para andika Pramuka tidak saling mengenal satu sama lain," ucap Dr. Zamzami.

"Selain itu ajang seperti ini merupakan parameter dari pembinaan Pramuka, sejauh mana mereka berhasil dalam mendidik para anggotanya," tambah dia, saat diwawancarai jurnalis BM Team.

Sementara itu, Pembina The Basco (organisasi alumni Gerakan Pramuka Darul Ulum Banyuanyar) Siri Ahmad, yang hadir mewakili Ketua Umum DPP PERADABAN Dr. H. Zainuddin Syarif, M.Ag., berharap agar gelaran PARISADA tidak hanya di tingkat provinsi, namun juga bisa ditingkatkan sampai tingkat nasional.

Selain mereka berdua dan para peserta, pembukaan PARISADA XVII yang merupakan gelaran dua tahunan tersebut juga dihadiri oleh pengurus Pondok Pesantren Banyuanyar, para senior The Basco, dan para undangan lainnya.

Sebagai tambahan informasi, peserta PARISADA XVII kali ini sebanyak 18 regu untuk tingkat SMP/MTs, dan 4 regu tingkat SD/MI yang berasal dari berbagai lembaga di Jawa Timur. (el)