The 3rd ANCOMS Digelar, Dosen STIBA Pamekasan Jadi Presenter

By: Faisal Amir | 30 November 2019 | 486
Dosen STIBA saat menjadi presenter the 3rd Ancoms
Dosen STIBA saat menjadi presenter the 3rd Ancoms

SURABAYA-Era revolusi industri 4.0 menjadi perhatian Kopertais IV Surabaya di acara The 3rd Annual Confrence for Muslim Scholars (Ancoms) yang di gelar Sabtu-Ahad, 23-24 November 2019 Twin Tower Amphiteather UINS Sunan Ampel Surabaya.

Hal itu terlihat dari tema The 3rd Ancoms kali ini yaitu, " The Creation of Muslim Polity In Indonesian; Chalengges and Opportunities."

Kesempatan baik ini ditangkap dengan baik oleh STIBA DUBA Pamekasan yang mengirimkan dosennya, Abdul Mukit untuk menjadi participant sekaligus presenter di kegiatan tersebut.

Paper dengan judul, "Pemikiran Pendidikan Ibn 'Arabi dan Relevansinya Dalam Pendidikan Islam Kontemporer" dipresentasikan di hadapan para presenter lainnya.

Dalam pemaparannya, Abdul Mukit menjelaskan bahwa inti persoalan pendidikan adalah akhlak yang solusi cerdas dan tangkasnya melalui tasawuf. Sebab tasawuf sejak lama dikenal sebagai pusat pendidikan batin dan akhklak. Dan Ibn 'Arabi salah satu tokoh pentingnya.

"Sehingga antara tawaran konsep pemikiran pendidikan Ibn 'Arabi melalui tasawuf, dan persoalan utama pendidikan Islam kontemporer yaitu akhlak, menemukan relevansinya yang begitu kuat. Maka pendidikan tasawuf darurat harus diberlakukan." Tegas Dosen yang juga menjabat sebagai Waka 1 Bidang Akademik ini. (AF)