RKH. Hasbullah Muhammad, Lc. Jelaskan Asas Taqwa Pondok Pesantren Banyuanyar

By: Ach. Jalaludin | 04 Desember 2022 | 324
yt: banyuanyar tv
yt: banyuanyar tv

Pentas Nasional (PENA) Santri 2022 akhirnya menemui puncakknya di acara Penutupan yang dikemas dengan acara Temu Alumni III, bertempat di halaman utama asrama Pondok Pesantren Banyuanyar.

Dalam acara tersebut, hadir Pengasuh RKH. Hasbullah Muhammad, Lc. Memberikan sambutan sekaligus pesan kepada hadirin yang merupakan santri juga alumni yang tergabung dalam Persatuan Alumni Darul Ulum Banyuanyar (PERADABAN) dari berbagai wilayah.

Dalam sambutannya beliau menyampaikan asas Pondok Pesantren Banyuanyar yang dibangun dengan asas taqwa dan bermanfaat: “Pesantren ini adalah al-muhafadzah ala qodimis sholih, wal akhdzu bil jadidil ashlah.” Beliau membuka sambutannya dengan mengutip dauh dari Abahnya yaitu RKH. Muhammad Syamsul Arifin.

Selanjutnya beliau menyampaikan, bahwa Pondok Pesantren Banyuanyar dibina dengan berasaskan pada nilai ketakwaan. Hal itu juga merupakan pesan dari RKH. Abdul Hamid Bakir sewaktu akan hijrah ke Banyuanyar dari Pondok Pesantren an-Nur Kalibaru. Beliau berpesan kalau ingin mendapatkan surga, “lakonih parentanah Allah SWT. Jauih larangnah Allah SWT,” (Kerjakan perintahkan Allah SWT. dan jauhi larangan Allah SWT.”

Beliau juga berdoa semoga dengan dibinanya pesantren ini atas asas ketakwaan kepada Allah SWT . kita diselamatkan oleh Allah dari perjalanan hidup kita di dunia hingga menghadap kepada Allah SWT, karena dengan modal ilmu yang manfaat dan ketakwaan kita kepada Allah itulah kebahagiaan kita yang sesungguhnya.