Rapat Guru dan Dosen: Madrasiyah Paparkan Konsep Mengajar RKH. Abdul Hamid bin Istbat

By: Ach. Jalaludin | 31 Juli 2021 | 1208
Wa.Ka Bidang Madrasiyah Dr. Zainuddin Syafrif, M.Ag.
Wa.Ka Bidang Madrasiyah Dr. Zainuddin Syafrif, M.Ag.

Sabtu (31/07/31) Wakil Ketua Umum Pengurus Bidang Madrasiyah mengadakan acara silaturrahmi bagi seluruh tenaga pengajar dari madrasah, sekolah hingga perguruan tinggi. Acara tersebut dikemas dengan Rapat Tahunan dengan tema, Meningkatkan Pelayanan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Berbasis Pesantren.

Acara tersebut di hadiri lansung oleh pengasuh RKH. Hasbullah Muhammad Syamsul Arifin, Lc. dan jajaran pengurus, mulai dari Ketua Umum Drs. H. Moh. Khalil Asy’Ary dan para waka dari masing-masing bidang seperti Wakil Ketua Bidang Ma’hadiyah, Madrasiyah dan Bidang Humas & Dakwah.

Acara rapat dipimpin langsung oleh Wakil Ketua Pengurus Bindang Madrasiyah Dr. Zainuddin Syarif M.Ag. Dalam rapat tersebut para guru dan dosen diperkenankan memberikan keritik yang membangun serta saran atau masukan untuk perkembangan pendidikan yang ada di Pondok Pesantren Banyuanyar.

Dalam rapat tersebut, Dr. Zainuddin Syarif, M.Ag. menjelaskan terlebih dahulu konsep mendidik ala RKH. Abdul Hamid bin Istbat yang beliau pelajari dari Kitab Tarjuman. Beliau menjelaskan ada tigat konsep mendidik, yaitu ikhlas, sabar, dan pengkaderan.

Ikhlas menjadi prinsip utama yang harus dimiliki oleh setiap pengajar. Beliau mengutip dari kitab Tarjuman bahwa, ”orientasi guru pada agama, bukan material.”

Kedua sabar, di antaranya adalah sabar dalam hal melayani, beliau mengutip dauh KH. Muhammad Syamsul Arifin, "Khoirul amr, khodimuha" sebaik-baiknya pemimpin adalah yang melayani.

Ketiga pengkaderan. Kaderisasi sangat penting sekali. Beliau mengungkapkan tiga ijtihad dalam Kitab Tarjuman yang harus dimiliki dalam pendidikan, yaitu 1. Ijtihad dari guru, 2. Ijtihad dari orang tua, 3. Usaha dari siswa sendiri.