Raih Juara 2 LKTI Nasional, Mahasiswa STIBA Tampil Meyakinkan

By: Mukmin Faishal | 29 Oktober 2018 | 663
Sabiqul Mubarak saat presentasi pada final LKTI tingkat nasional
Sabiqul Mubarak saat presentasi pada final LKTI tingkat nasional

BANYUANYAR, banyuanyar.net Prestasi membanggakan diukir oleh mahasiswa Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Bahasa Arab (STIBA) Darul Ulum Banyuanyar di tingkat Nasional. Sabiqul Mubarak, mahasiswa asal Toronan Kowel Pamekasan berhasil meraih Juara 2 pada kompetisi Lomba Karya Tulis Ilmiah Al-Qur’an HARMONI 2018 Tingkat Nasional. Sebelumnya diberitakan Sabiq berhasil menjadi finalis 8 besar dari seluruh kampus se-Indonesia pada kompetisi bergengsi yang bertajuk Harmoni Islamic Youth Event, Forum Kajian Islam Teknologi Pertanian, Fakultas Tekonologi Pertanian, Universitas Brawijaya Malang tersebut.

Sabiq mengikuti presentasi final pada tanggal 26 – 27 Oktober 2018 di Universitas Brawijaya Malang bersama dengan finalis universitas lain se Indonesia, seperti Universitas Sriwijaya, UIN Sunan Kalijaga, Universitas Diponegoro. Dan Sabiq yang merupakan Pengurus Lembaga  Pers Mahasiswa (LPM) Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) STIBA itu, tampil cukup meyakinkan dengan menyisihkan kompetitornya. 

Dari 8 finalis perguruan tinggi ternama se Indonesia hanya diambil 3 juara, dan Sabiq yang meraih Juara 2 hanya kalah tim dari Unida Gontor, dengan tempat ketiga diraih oleh tim dari Universitas Ponorogo Semarang.

Karya ilmiyah yang ditulis Sabiq bertemakan lingkungan dengan berjudul “Peran Mahasiswa dalam Menjaga Stabilitas Lingkungan Hidup, Telaah Kontekstual terhadap Persatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)."

Tema besar dari LKTI  ini sendiri adalah “Peran Mahasiswa dalam Menginterprestasikan 3 Fungsi mahasiswa untuk Menjaga persatuan Bangsa Indonesia Berlandaskan Al -Quran”. Dan terdiri dari 7 sub tema, yaitu Pertanian, Teknologi, Energi, Kesehatan, Lingkungan, Agroindustri, Pangan.

Wakil Ketua 3 bidang Kemahasiswaan STIBA, Bapak Syamsul Arifin, M.Pd., mengapresiasi prestasi ini. Diharapnya semoga menjadi awal langkah STIBA melaksanakan Tri Darma Perguruan Tinggi, pendidikan, penelitian, dan pengabdian.

“Semoga menjadi awal langkah STIBA melaksanakan Tri Darma Perguruan Tinggi,” ungkapnya kepada banyuanyar.net.

Pria yang akrab disapa Afin itu juga menuturkan, ke depan, mahasiswa akan dilibatkan tidak hanya pada event-event lomba, tetapi juga dalam kegiatan penelitian dengan berkolaborasi dengan dosen STIBA. Hal ini menurutnya adalah untuk meningkatkan Publikasi Ilmiah.

Sekretaris Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) STIBA Faisal Amir juga menyampaikan rasa bangganya. Dia sangat berharap dengan diraihnya kejuaraan ini, dapat menjadi motivasi bagi teman-temannya yang lain sesama mahasiswa. Karena dalam hal ini Sabiq adalah salah satu pengurus LPM yang berada di bawah naungan DEMA STIBA.

“Semoga dengan diraihnya juara 2 LKTI Nasional oleh saudara sabiq , semua teman-teman mahasiswa STIBA yang lain juga menjadi juara-juara pada kompetisi-kompetisi selanjutnya khususnya teman-teman LPM,” pungkas penggiat Banyuanyar Media Team itu.

(asd)