Pustakawan Banyuanyar Perdalam E-Library Ke Perpustakaan UINSA Surabaya

By: Ahmad Imron | 03 Februari 2020 | 597
Pustakawan Banyuanyar saat kunjungi Perpustakaan UINSA
Pustakawan Banyuanyar saat kunjungi Perpustakaan UINSA

SURABAYA. Perpustakaan Banyuanyar mulai tahun 2017 sudah mulai menjalankan e-librari dengan aplikasi SLiMS, atau lengkapnya Senayan Library Management System (SLiMS), adalah perangkat lunak sistem manajemen perpustakaan (library management system) sumber terbuka yang dilisensikan di bawah GPL v3. Aplikasi web yang dikembangkan oleh tim dari Pusat Informasi dan Humas Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia.

SLiMS juga pertama kali digunakan oleh Perpustakaan Departemen Pendidikan Nasional dan disosialisasikan pada Perpustakaan umum di berbagai kota dan juga digunakan di beberapa manca negara, karena selain bisa didapat secara gratis, software ini dapat dikembangkan dengan menambah fitur-fitur tertentu hingga tampilan.

Di Perpustakaan Banyuanyar sendiri yang sudah mulai tahun 2017 menjalankannya, tampaknya mengalami beberapa hambatan disebabkan kurangnya pustakawan yang memahami ilmu IT yang mencukupi untuk mengolah software tersebut. Oleh karena itu pada Senin (13/02/20) segenap pengurus Perpustakaan Banyuanyar mengadakan studi komparatif dengan Perpustakaan UINSA Surabaya guna mengasah kemampuan dalam mengolah e-librari dengan SLiMS.

Dalam acara tersebut, Dr. Irma Soraya M.Pd selaku kepala Perpustakaan UINSA Surabaya memberikan sambutan. Setelah itu pihak Perpustakaan Banyuanyar diminta untuk menjelaskan perihal sistem yang diterapkan hingga kendala apa saja yang menghambat penerapan e-librari, hal ini disampaikan oleh Dewan Pembina Perpustakaan Khofifurrahman M.Pd.I dan dilanjutkan dengan pengenalan berbagai sistem dan operasional yang diterapkan oleh Perpustakaan UINSA Surabaya.

Tidak hanya itu, Pustakawan dari PP. Banyuanyar juga di bawa berkeliling perpustakaan yang memiliki puluhan ruangan khusus. Mulai dari penginputan, sirkulasi, koleksi umum dan khusus hingga ruang diskusi. Dari situlah mereka dijelaskan mengenai seluk beluk dan pengoperasian Perpustakaan.

Acara tersebut ditutup dengan penyerahan cinderamata oleh Ketua Divisi Perpustakaan Banyuanyar Khosen Febrian S.Ag kepada Kepala Perpustakaan UINSA Surabaya Dr. Irma Soraya M.Pd yang juga memberikan buku hibah untuk Perpustakaan Banyuanyar. (Jalal)