Peringati Haul ke-3 Syaikhona RKH. Muhammad Syamsul Arifin, LBM DUBA Adakan Bahtsul Masail se-Madura

By: Ach. Jalaludin | 29 Mei 2024 | 85
dokumentasi BMTeam
dokumentasi BMTeam

BANYUANYAR. Dalam rangka memeringati Haul ke-3 Syaikhona RKH. Muhammad Syamsul Arifin, Lembaga Bahtsul Masail Darul Ulum Banyuanyar mengadakan bahtsul masail se-Madura pada tanggal 27-28 Mei 2024. Acara dilaksanakan di aula gedung Banyuanyar Bussines Center.

Terdapat 61 undangan dari pondok pesantren yang turut meramaikan Bahsul Masail tersebut, di antaranya Pondok Pesantren Nurul Cholil Bangkalan, Lanbulan Sampang, Al-Hamidy Banyuanyar, Mambaul Ulum Bata-Bata, Maktuba Bata-Bata, Miftahul Ulum Banyuanyu, Al-Majidiyah, al-Is’af Sumenep. Dari delegasi tersebut bermusysawarah mengenai berbagai macam hukum fikih yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.  

Selain untuk memperingati Haul ke-3  Syaikhona RKH. Muhammad Syamsul Arifin, acara tersebut juga diniatkan untuk silaturrahmi antar pondok pesantren. Pengasuh menyampaikan silaturrahmi tersebut diharapkan menjadi jembatan untuk melestarikan warisan ulama-ulama terdahulu dalam mengkaji kitab kuning.

“Silaturahmi ini kami berharap untuk menjadi jembatan dalam melestarikan peninggalan ulama2 terdahulu, dan kita menjadi penjaga kitab-kitab yang orisinil yang muktabar, dan kita menjadi orang-orang yang mengerti dari kulit sampai kulit.”

Pengasuh juga berharap dengan adanya Bahtsul Masail dapat menjadi momentum santri untuk saling bertukar pendapat dan pengalaman, bukan mencari siapa yang menang dan kalah, tetapi mencari apa yang benar dan salah.

“Mudah-mudahan pertemuan ini diberkahi oleh Allah, Kita diberikan ilmu yang nafi' dan kita pulang dari sini semua dengan selamat, bi amanillah wafi taisirihi wahifdihi, wassalamu'alaikum warahmatullahi wa barokah,” do’a pengasuh menutup sambutannya.