Pembukaan PAB 2019: FKMSB Jogja Gelar Studium General Kebangsaan

By: Mukmin Faishal | 18 Oktober 2019 | 281
Studium general pembukaan PAB FKMSB Yogyakarta 2019
Studium general pembukaan PAB FKMSB Yogyakarta 2019

Yogyakarta- Forum Komunikasi Mahasiswa Santri Banyuanyar (FKMSB) Wilayah Yogyakarta mengadakan Stadium General dalam rangka Pembukaan Pengaderan Anggota Baru (PAB) 2019 dengan tema Arah Demokrasi Indonesia di Era Revolusi Digital pada Kamis (17/09).


Ach Nurul Luthfi selaku Koordinator Wilayah (Korwil) FKMSB Yogyakarta menjelaskan bahwa pembukaan PAB 2019 sengaja dikemas dengan Stadium General agar calon anggota FKMSB Yogyakarta dibekali pemahaman tentang persoalan kebangsaan langsung dari ahlinya.
“Kami rancang pembukaan PAB kali ini supaya calon anggota FKMSB Jogja bisa memahami persoalan kebangsaan dari ahlinya khususnya di ranah digitalisasi demokrasi” papar dalam sambutannya. 


Direktur Intelijen Kepolisian Daerah (Kapolda) Yogyakarta Nanang Juni Mawanto, S.I.K sebagai Keynote Speech yang pada kesempatan itu diwakilkan oleh Wakil Direktur (Wadir) Intelijen memberikan pemahaman tentang reaktualisasi nilai-nilai demokrasi yang pancasilais.
“Demokrasi yang pancasilais adalah demokrasi yang mencerminkan nilai-nilai panca yang ada di pancasila” jelasnya.


Acara yang di moderatori oleh Abdurrahman, Korwil FKMSB Yogyakarta 2017-2018 tersebut menyajikan pembahasan tentang pengaruh revolusi digital terhadap perkembangan demokrasi Indonesia yang dikupas oleh pembicara pertama Drs. Zenni Lingga sebagai Kepala Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Yogyakarta.


Selain dari penegak hukum, pembahasan selanjutnya diisi oleh seorang akademisi yaitu dosen Hukum Tata Negara Gugun El Guyanie, S.H., LL.M yang membahas tentang perkembangan demokrasi dalam persepektif hukum. 


Tohir selaku panitia menjelaskan jumlah peserta PAB tahun ini meningkat dari tahun sebelumnya dengan jumlah 33 peserta. Rinciannya, 29 peserta merupakan peserta asli FKMSB Jogja, 2 peserta delegasi dari FKMSB Probolinggo 1 peserta delegasi dari FKMSB Sampang dan 1 peserta lagi dari FKMSB Bangkalan.
“Tahun ini kami menerima kembali delegasi peserta PAB dari luar Jogja dan alhamdulillah banyak yang ikut” ucapnya diacara yang bertempat di Aula DPD RI DIY itu. (FJ)