Pelepasan 532 Guru Tugas Banyuanyar: Menjaga Tradisi dan Menerangi Masyarakat

By: Ach. Jalaludin | 28 April 2024 | 126
Pelepasan Guru Tugas
Pelepasan Guru Tugas

Banyuanyar kembali melepas Guru Tugas (GT) sebanyak 532 yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Sebanyak 431 Penanggung Jawab Guru Tugas (PJGT) turut hadir di acara tersebut. (28/04/24) 

Acara dikemas dengan silaturahmi sekaligus dialog antar Pengurus dengan PJGT terkait tata tertib GT dan PJGT. Diletakkan di madrasah masjid Banyuanyar yang dihadiri langsung oleh Pengasuh dan jajaran pengurus Pondok Pesantren Banyuanyar.

Dalam kesempatan itu Pengasuh berterimakasih kepada semua pengurus yang telah mendidik santri hingga mereka layak untuk ditugas dan berharap Guru Tugas menjadi orang yang alim. Orang alim yang tidak hanya alim untuk dirinya, tetapi juga dapat mengajari orang lain.

“Mudah-mudahan tidak hanya sebagai orang yang alim dan amil, tapi juga muallim. Alimun amilun li ilmihi wa yuallimunnas. Selain bermanfaat untuk diri sendiri, diamalkan untuk diri sendiri dan juga menjadi pencerah, penerang di masyarakat, menjadi penghilang penyakit-penyakit hati.”

Adapun mengenai mekanisme pemberangkatan, jadwalnya sesuai dengan pembagian daerah. Terbagi dari daerah Jawa-Madura, Sumatra, NTT-NTB, Sulawesi, Kalimantan dan Papua. Daerah di luar Jawa-Madura akan disesuaikan dengan jadwal tiket kapal atau pesawat yang dikoordinatori oleh Korwil masing-masing.

Acara ditutup dengan pembacaan doa oleh KH. Abdul Hannan Tibyan dan dilanjutkan dengan pemasrahan GT kepada PJGT masing-masing.