MHQ Nasional : Upaya Membumikan Al-Quran di Seluruh Lapisan Masyarakat

By: Mukmin Faishal | 07 November 2018 | 141
Foto doc. MHQ Nasional 2018
Foto doc. MHQ Nasional 2018

BANYUANYAR, banyuanyar.net - Musabaqah Hifdzil Qur’an (MHQ) Tingkat Nasional siap digelar. Kegiatan yang diprakarsai oleh SMP - SMA Tahfidz Darul Ulum Banyuanyar ini akan dilaksanakan pada tanggal 4 - 7 Januari 2019, dan memperebutkan hadiah utama yang sangat menarik, yaitu haji dan umroh.

Kegitan MHQ sendiri sudah berjalan 6 kali sejak pertama kali diadakan. Dan merupakan kegiatan rutin setiap tahun. Ini sebagaimana disampaikan Kepala SMA Tahfidz Darul Ulum Banyuanyar, Ustadz Khofifurrohman, S.Pd. kepada banyuanyar.net.

“Kegiatan MHQ ini rutin digelar setiap setahun sekali, dan sampai saat ini sudah berjalan selama 6 kali sejak awal diselenggarakan,” ungkapnya.

Dia mengemukakan tujuan utama dari diselenggarakannya even akbar ini untuk mempererat tali persaudaraan dalam bingkai silaturrahim antar peserta. Selain itu adalah untuk membangkitkan semangat masyarakat dalam membaca, menghafal, mengkaji, dan memahami serta mangamalkan kitab suci Al-Quran.

“Ya bertujuan untuk mempererat tali silaturrahim. Selain itu juga untuk memacu semangat masyarakat dalam membaca, menghafal, mengkaji, dan memhami, serta mengamalkan kitab suci Al-Quran,” jelasnya.

Semangat utama yaitu membumikan Al-Quran, dia melanjutkan, untuk seluruh lapisan masyarakat, baik yang tua maupun yang muda. Ini terlihat dari adanya cabang musabaqah yang pesertanya adalah orang tua.

“Kami punya semangat membumikan Al-Quran untuk semua lapisan masyarakat, tua maupun muda,” paparnya.

Karena di desa-desa, menurut Ustadz Khofif perlu semangat orang tua terus dikuatkan. Dan yang tua kemudian akan mengajak yang muda. Sehingga semua lapisan bisa saling mendukung.

“Jadi semua lapisan akan saling mendukung, dan Al-Quran benar-benar membumi di seluruh lapisan masyarakat,” pungkas salah satu mahasiswa program master IAIN Madura itu.

Sebagaimana dilaksanakan tahun sebelumnya, MHQ Nasional ini diikuti oleh peserta dari berbagai penjuru nusantara. Dan tahun ini memperebutkan hadian utama 1 haji dan 2 umroh, serta hadiah uang tunai ratusan juta rupiah.

Berikut cabang-cabang yang dilombakan pada MHQ Nasional tahun 2019 cabang lomba, yaitu
•    Tahfidz 5 Juz[1]
•    Tahfidz 10 Juz[2]
•    Tahfidz 20 Juz[3]
•    Tahfidz 30 Juz[4]
•    Tahfidz Juz 1[5]
•    Tahfidz Juz 1[6]
•    Tahfidz Surah Yasin, Waqiah dan Al-Mulk[7]
•    Tilawatil Qur’an[8]
•    Syarhil Qur’an[9]

Pendaftaran dapat melalui WA : +628170220005.

(Asd)

 


[1] Syarat : laki-laki/perempuan, usia maksimal 8 tahun.

[2] Syarat : laki-laki, usia maksimal 19 tahun.

[3] Syarat : laki-laki, usia maksimal 20 tahun.

[4] Syarat : laki-laki, usia maksimal 21 tahun.

[5] Syarat : laki-laki/perempuan, usia maksimal 12 tahun.

[6] Syarat : laki-laki/perempuan, usia maksimal 12 tahun.

[7] Syarat : laki-laki, usia minimal 45 tahun.

[8] Syarat : laki-laki, usia maksimal 19 tahun.

[9] Syarat : laki-laki, usia maksimal 20 tahun.