Menghidupkan Akhlak Rasulullah di Bulan Kelahirannya

By: Ach. Jalaludin | 25 September 2023 | 1346
BMTeam dokument
BMTeam dokument

Bulan Rabiul Awal merupakan bulan lahirnya Nabi Muhammad Saw. yang bertepatan pada tahun 53 sebelum hijriah. Pada tahun kelahiran beliau biasa disebut tahun Gajah, karena pada saat itu Abraha menyerang Mekah dengan membawa pasukan bergajah.

Bulan inilah biasanya setiap tanggal 10 Rabiul Awal (25/09), Pondok Pesantren Banyuanyar memberikan waktu libur kepada santri untuk pulang ke rumah masing-masing. Tentu bukan tanpa niatan, selain untuk menyembuhkan kerinduan kepada keluarga di rumah, tetapi juga dapat bergembira dan merayakan kelahiran Rasulullah Saw.

Pengasuh RKH. Hasbullah Muhammad, Lc. yang menghadiri acara perpisahan liburan Maulid Nabi SAW. dalam sambutannya menyampaikan untuk bergembira dan merayakan atas kelahiran Rasulullah SAW. Selain itu santri juga diharapkan dapat mempelajari sejarah hidup, terutama menghidupkan akhlak Rasulullah SAW.

“Di mana dengan hadirnya bulan maulid ini kita juga bisa mempelajari sejarah hidup nabi besar Muhammad SAW. juga membaca tarikh tentang kehidupan nabi Muhammad SAW. mulai sejak dilahirkan sampai beliau wafat. Mulai Sirah, juga akhlak (sirah khulkiyah), dan akhlak beliau kita hidupkan,” disampaikan Pengasuh dalam sambutannya.

Setelah itu beliau menyampaikan kejadian-kejadian yang luar biasa ketika kelahiran Rasulullah SAW. mulai dari terpenuhinya kebutuhan keluarga Halimah sebagai perempuan yang menyusui Rasulullah SAW. hingga syafaatnya. yang kita harapkan di akhirat kelak. Sebab itulah beliau sampaikan untuk terus meningkatkan mahabbah kita kepada Rasulullah SAW.

Terakhir Pengasuh berharap semua santri dapat pulang dengan tertib dan santai agar sampai ke rumah masing-masing dengan selamat.