Libur Maulid Banyuanyar, Sowan ke Pengasuh Digelar Lebih Awal

By: Faisal Amir | 17 November 2018 | 254
Santri saat sowan ke Pengasuh PP. Banyuanyar
Santri saat sowan ke Pengasuh PP. Banyuanyar

BANYUANYAR. banyuanyar.net - Momen Libur Maulid tahun ini sedikit berbeda dengan sebelumnya. Pasalnya, sowan kepada Pengasuh yang lumrah digelar saat hari H liburan, tahun ini dilaksanakan lebih awal, yaitu pada Sabtu pagi (17/11/2018), sedangkan Libur Maulid baru dimulai esok harinya, Ahad (18/11/2018).

Menurut salah satu Pengurus PP Banyuanyar, Ustadz Baidawi Rahman, ini berdasarkan keputusan Pengasuh supaya acara sowan tidak mengganggu acara pertemua wali santri yang akan digelar hari Ahad.

“Ya, berdasarkan keputusan Pengasuh,” ungkapnya.

Sebagaimana biasanya, acara sowan ditandai dengan pembacaan shalawat. Antrian panjang santri dengan baju almamater baju-kopyah putih, dan sarung hijau Banyuanyar kemudian mengular mengitari beberapa ruas jalan PP Banyuanyar. Antrian diurut sesuai keputusan Pengurus yang diambil berdasarkan prestasi dan keatifan kegiatan asrama.

Tampak semua santri Banyuanyar sangat berantusias menyambut kegiatan ini. Ini karena mereka akan berjumpa dengan sanak keluarga, melepas rindu.

“Rapi, sederhana dan senang sekali bisa sowan dengan pengasuh,” ungkap salah santri bernama Nur Haqiqi ketika ditanya bagaimana perasaan setelah sowan.

Sebelum sowan, untuk menjaga ketertiban dan kerapian, semua santri terlebih dahulu diperiksa kerapian rambut dan kuku dan lain semacamnya. Karena sebagaimana peraturan, rambut kuku harus dipotong rapi.  

(Maron)