JLA Buka Kegiatan Musabaqah Tahunan

By: Faisal Amir | 22 Februari 2019 | 117
Pembukaan Musabaqoh JLA
Pembukaan Musabaqoh JLA

BANYUANYAR- Kamis malam, 12/02/2019, Jam’iyyah al Lughah al ‘Arobiyyah (JLA) menggelar acara pembukaan Musabaqoh Sanawiyah. Acara rutinan tahunan tersebut diikuti oleh semua anggota LPBA (Lembaga Pengembangan Bahasa Arab) yang terdiri dari MLA (Markaz Lughah Arobiyyah) dan seluruh cabangnya.

Sama seperti kegiatan tahun-tahun sebelumnya, musabaqoh ini juga diadakan sebagai program purna studi anggota. Dan kemudian memasuki tahun ajaran baru.

Acara ini dihadiri oleh Ketua Umum Pengurus PP. Banyuanyar, Drs.H. Moh. Khalil Asy’ari beserta beberapa jajarannya. Termasuk di antaranya Mudir MLA Ustadz Musyfiqurrohman dan ketua LPBA Ustadz Abdul Halim yang juga berkesempatan memberikan sambutan.

Dalam sambutanya Ustadz Abdul Halim mengaku pada tahun ini dapat memaksimalkan program bahasa arab setelah dibentuknya komplek khusus kebahasan, dengan adanya kampung bahasa, kegiatan demi kegiatan lebih dapat diawasi dan terkontrol dengan baik.

Turut memberikan sambutan sekaligus membuka musabaqoh Ketum umum pengurus berpesan agar selalu menanamkan rasa cinta pada bahasa arab. Sebab, bahasa arab merupakan bahasa al qur’an dan hadist. Sangat aneh kiranya jika memandang asing bahasa arab, sebab sejak kecil kita sudah disuguhkan oleh kegiatan dan bacaan berbahasa arab, seperti saat kita berpapasan dengan teman, maka kita mengucapkan salam yang berbahasa arab, contoh lagi seperti do’a-do’a, adzan, dan bacaan-bacaan lainya yang juga sarat dengan bahasa arab.

Sebagai pemberi tausyiah, Ustadz Baisuni Salim juga menyampaikan bahwa dibentuk lembaga kebahasaan juga sejalan dengan harapan besar dari pengasuh agar menjadikan pondok ini sebagai pusat bahasa terlebih bahasa arab. Beliau juga berharap agar seluruh A’dho’ terus mendalami bahasa arab, dengan memperbanyal praktek, bukan hanya pada waktu atau tempat tertentu, di berbagai tempat, misalnya di dapur, masjid, sungai dan lainya agar tidak sungkan mempraktekanya.

Dan acara ditutup dengan do’a serta dimeriahkan dengan beberapa penampilan dari anggota JLA.

(Tamami)