Dinna` Paphakus, Tja` Baoba| Rapat Guru dan Dosen 2021

By: Ach. Jalaludin | 31 Juli 2021 | 1677
KH. Hasbullah Muhammad Syamsul Arifin, Lc. saat memberikan tausiyah
KH. Hasbullah Muhammad Syamsul Arifin, Lc. saat memberikan tausiyah

Dalam Silaturrahmi Guru dan Dosen (31/07) yang dikemas dengan Rapat Tahunan yang memuat tema, Meningkatkan Pelayanan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Berbasis Pesantren turut hadir Pengasuh Pondok Pesantren Darul Ulum Banyuanyar KH. Hasbullah Muhammad Syamsul Arifin, Lc.

Pada kesempatan tersebut beliau menjelaskan pesan RKH. Muhammad Syamsul Arifin dalam mendidik siswa atau santri yaitu, “dinna` Paphakus, Tja` Baoba.” Rupanya menurut beliau kalimat tersebut mempunyai banyak arti dan pemahaman sampai saat ini.

Beliau mengingatkan bahwa pelajaran-pelajaran sederhada yang ada dikitab-kitab jangan sampai ditinggalkan seperti bersuci, tatacara wudhu dan shalat karena itu pelajaran dasar yang sangat penting sekali.

Beliau mencontohkan ketika masih di Kalibaru ada seorang guru yang langsung membawa murid-muridnya ke kolah, setelah itu beliau menjelaskan tentang tatacara wudhu yang benar.

Beliau mengharap orientasi belajar santri bukan pada perkara dunia, atau hal material tetapi pada keagamaan. “bukan madha ta`kulu ghadan, melainkan madha ta`budu ghadan. bukan apa yang akan kamu makan besok, melainkan apa yang akan kamu sembah besok,” pesan beliau.

Beliau juga menceritakan keinginan RKH. Abdul Hamid bin Istbat bahwa beliau sangat memperhatikan santri bagaimana akhlaknya, kejujurannya dan amanahnya. Beliau juga mengingatkan dari banyaknya kyai dan ulama yang wafat pesantren sebagai benteng terakhir agama Islam mampu mencetak kader ulama-ulama muda nantinya.