Calon Mahasiswa Baru STIBA DUBA Ikuti Tes Seleksi Masuk

By: Faisal Amir | 20 Agustus 2019 | 258
Tes Seleksi Masuk STIBA DUBA Pamekasan
Tes Seleksi Masuk STIBA DUBA Pamekasan

BANYUANYAR, Senin 19/08/19, calon mahasiswa baru Sekolah Tinggi Ilmu Bahasa Arab (STIBA) Darul Ulum Banyuanyar ikuti tes seleksi masuk. Tes tersebut bertempat di Gedung Perkuliahan STIBA bagi calon mahasiswa dan di Asrama Putri bagi calon mahasiswi. Tujuan diadakan tes seleksi tersebut yaitu untuk mengetahui kemampuan calon mahasiswa dan untuk mempetakan kelas sesuai hasil tes.

Tes seleksi masuk berupa Iktibar Tahriri (tes tulis) yang meliputi materi kepesantrenan, sejarah dan keislaman dan Ikhtibar Syafawi (tes lisan) meliputi tes baca Al-Qur’an dan tes baca kitab.

Jumlah peserta yang mengikuti  tes seleksi lebih dari 80 orang, lebih banyak dari tahun sebelumnya yang berjumlah 75 orang. Dari tes seleksi tersebut bisa jadi akan ada mahasiswa yang tidak lulus, sesuai dari hasil tes tersebut. Mahasiswa yang dinyatakan lulus tes akan mengikuti Ayyamut Ta’aruf (ATA) yang akan dilaksanakan pada 28/08/2019.

Selain tes seleksi masuk untuk calon mahasiswa baru STIBA, juga akan diadakan tes seleksi beasiswa bagi mahasiswa yang lulus tes seleksi masuk. Tes seleksi beasiswa tersebut akan dilaksanakan pada Kamis 21/08/19.

PK III STIBA, Bapak Syamsul Arifin, M.Pd., berharap mahasiswa baru mempunyai kesemangatan dalam mengikuti kuliah dan berniat memperbaiki diri.

“Harapan kami, seluruh mahasiswa semangat untuk berubah ke arah yang lebih baik dan memperbaiki diri dari segi keilmuan, pengetahuan pribadi dan kreativitas. Karena di perguruan tinggi tidak hanya belajar tetapi meneliti dan berorganisasi untuk menjadi manusia yang bermanfaat," kata pria yang juga pembina DEMA STIBA DUBA Pamekasan itu. (FA)