Bekerjasama dengan HIMA Prodi BSA STIBA, JLA Gelar Talk Show Internasional

By: Mukmin Faishal | 16 Desember 2020 | 378
Talk Show Internasional Hari Bahasa Arab se-Dunia
Talk Show Internasional Hari Bahasa Arab se-Dunia

Banyuanyar, (15/12) Himpunan Mahasiswa Program Studi (HIMA PRODI) Sekolah Tinggi Ilmu Bahasa Arab (STIBA) Darul Ulum Banyuanyar bekerja sama dengan Jam`iyyah Lughah Arabiyah Darul Ulum Banyuanyar mengadakan acara Seminar Tahunan “Memperingati Hari Bahasa Arab se Dunia 18 Desember” dengan tema "Masa depan Bahasa Arab di era revolusi industri 4.0" bertempat di Aula Al-Hamidiyah Banyuanyar.

Seminar yang dihadiri oleh Ketua Umum Pengurus Pondok Pesantren Darul Ulum Banyuanyar Drs. H. Khalil Asy`ari yang sekaligus memberikan sambutan ini disambut sangat meriah oleh para peserta seminar yang merupakan anggota Jam`iyyah Lughah Arabiyah Darul Ulum Banyuanyar dan Mahasiswa STIBA.

Dimoderatori oleh ketua prodi STIBA Muhsin Muiz, Lc. M.Pd menghadirkan pembicara dari luar maupun dalam negeri diantaranya pakar bahasa arab DR. Ayman Amin Abdul Ghani (Mesir), Nurul Hadi, Lc. M.Pd (IAIN Madura) dan DR. Abdul Muqit, M.Th.I (Waka I STIBA bid. Akademik). DR. Ayman menyampaikan bahwa bahasa arab sangat indah dan unik karena dalam satu akar kata bisa mempunyai beberapa arti yang dipengaruhi oleh tanda baca dan susunan katanya.

Adapun tujuan dari diadakannya seminar ini adalah untuk meningkatkan semangat belajar bahasa arab dan untuk mensyiarkan bahasa arab serta untuk mengembalikan kemuliaan islam yang mana bisa diperoleh dengan bahasa arab. Hari bahasa arab se-dunia ini ditetapkan oleh UNESCO pada tanggal 18 Desember 2012 lalu seperti yang dikatakan oleh ust Nurul Hadi tadi.

Seminar ini merupakan serangkaian kegiatan untuk menyambut hari bahasa arab se dunia yang telah dimulai dengan jaulah kubra pada jumat pagi 11 Desember lalu serta pada puncaknya nanti akan digelar sholawat bersama sekaligus hari lahir STIBA pada tanggal 18 Desember mendatang.

Acara juga didukung oleh Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) serta UKM-UKM lainnya. Sebagai penutup acara, panitia seminar memberikan kuis kepada peserta dan bagi peserta yang bisa menjawab pertanyaan diberi hadiah oleh panitia. *Nun.