Banyuanyar Senantiasa Dukung Keutuhan NKRI

By: Faisal Amir | 26 Februari 2022 | 503
Temu Tokoh Nasional Bersama PERADABAN
Temu Tokoh Nasional Bersama PERADABAN

PONDOK Pesantren Banyuanyar tidak pernah bertentangan dengan negara. Pesantren yang terletak di Desa Potoan Daja Palengaan Pamekasan ini selalu mendukung keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Hal itu, salah satunya, tergambar dari adanya Tri Sakti PP. Banyuanyar yang ditulis oleh RKH. Abdul Hamid Baqir (Pengasuh ke-5 PP. Banyuanyar, periode 1957-1980). Tri Sakti Pesantren yang dimaksud adalah, pertama, negara jangan sampai rugi. Kemudian kedua, lambang negara jangan sampai diubah, dan ketiga rakyat jangan sampai sakit. 

Demikian disampaikan oleh Dr. H. Ach. Baidowi, S.Sos, M.Si., wakil ketua Baleg DPR RI, dalam Temu Tokoh Nasional (Wakil Ketua MPR RI H. Arsul Sani, M.Si.) dengan DPP PERADABAN (Persatuan Alumni Darul Ulum Banyuanyar), yang digelar dalam rangka Raker DPP PERADABAN, Sabtu, 26 Februari 2022.

Pada acara yang bertempat di Hotel Matahari Yogyakarta itu, Baidowi juga menyampaikan bahwa PP. Banyuanyar adalah satu-satunya pesantren yang di pintu masuknya ada patung Garuda Pancasila.

"Sepanjang pengetahuan saya masuk ke pondok pesantren, tidak pernah saya menemukan seperti di Pondok Pesantren Banyuanyar, yaitu adanya patung Garuda Pancasila di pintu masuknya," ungkap pria yang akrab disapa Awiek itu.

Pemateri lain dalam acara itu adalah H. Arsul Sani, M.Si, yang menyampaikan materi secara virtual, dan Mohammad Affan, S.S., M.A., salah satu dosen UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. (Asd)