BANYUANYAR KEMBALI GELAR ILAN ALFIYAH

By: Faisal Amir | 15 Februari 2019 | 341
Prosesi Ilan Alfiah (Gasbi)
Prosesi Ilan Alfiah (Gasbi)

BANYUANYAR- Kamis malam, 14/02/19, Pondok Pesantren Banyuanyar kembali menggelar program rutin I'lan Alfiyah. Kegiatan i'lan kali ini diikuti oleh sedikitnya 6 santri. Mereka merupakan Generasi Alfiyah Seribu Bait (GASBI) Min Andalus. Gasbi sendiri merupakan salah satu kelompok di bawah Divisi Keilmuan yang mewadahi pengembangan Kitab Kuning Alfiyah khususnya. Gasbi min Andalus pada anggotanya yang sudah dinyatakan hafal bait-bait nadhom Alfiyah melalui beberapa tes dari asatidz.
Prosesi I’lan Alfiyah yang ditempatkan di Madrasah Masjid itu merupakan Prosesi I’lan Alfiyah yang ke 33 kalinya. Ke enam santri tersebut adalah anggota aktif yang berdomisili di asrama Gasbi min Andalus. Enam santri tersebut yaitu Ach. Rizal alamat Bulmatet Karang Penang Sampang kelas XII MA BHS U, Qoimuddin alamat Mapper Proppo Pamekasan kelas XI SMA Tahfidz, Iwan Ridwan alamat Pangerreman Batumarmar Pamekasan kelas XI MA IPA U, Achmad Shofi alamat Blu’uran Karang Penang Sampang kelas IX MTs PU, Ainur Rosit alamat Lembung Barat Lenteng Sumenep kelas X SMA Tahfidz dan Muhammad Zainuddin alamat Plak-pak Pegentenan Pamekasan kelas IX SMP Tahfidz.
Demonstrator pada I’lan Alfiyah kali ini KH. Abd. Hannan Tibyan pengasuh Pondok Pesantren Puncak Darussalam dan disaksikan lansung oleh semua santri, pengurus, dan para wali dari 6 santri yang di I’lan.
Dalam sambutannya KH. Abd Hannan Tibyan menyampaikan “Orang tua dan guru ikut bahagia dengan di I’lannya putranya karena ada hubungan batin yang lebih kuat dari pada hubungan dhohir”.
Acar prosesi I’lan Alfiyah berjalan lancar ke 6 santri yang di I’lan lancar dan fasih dalam melantunkan bait-bait Alfiyah. Ke 6 santri tersebut mendapatkan penghargaan dari PP. Banyuanyar dan kenang-kengan dari beberapa instansi dan organisasi. (Faisal/*)