Banyuanyar Gelar Istighasah dan Shalawat Bersama

By: Faisal Amir | 02 Januari 2019 | 117
Suasana acara Istighasah sekaligus Shalawat Bersama
Suasana acara Istighasah sekaligus Shalawat Bersama

BANYUANYAR - Senin Malam (31/01/2018), Pondok Pesantren Banyuanyar menggelar istighastah kubro sekaligus bershalawat bersama. Acara ini diikuti oleh semua santri Banyuanyar dan bertempat di halaman Pondok. Hadir KH. Hasibin yang sekaligus mengisi mau’idzatul hasanah pada acara ini.

Sebagaimana disampaikan Panitia, Asari, acara ini digelar sebagai bentuk rasa syukur dan doa bersama untuk keselamatan Pengasuh PP. Banyuanyar yang tengah di perjalanan ibadah umrah. Selain itu dia menuturkan ini sebagaimana  dengan bershawalat dan mengharap keselamatan di tahun yang baru.

"Diadakan sebagai rasa syukur dan doa bersama untuk keselamatan Pengasuh PP. Banyuanyar yang tengah di perjalanan ibadah umrah," ujarnya kepada banyuanyar.net.

Demikian juga Ketua Umum Pengurus Pondok Pesantren Banyuanyar, Drs. Khalil Asy’ari, yang dalam sambutannya menyampaikan acara ini adalah untuk mendoakan Pengasuh Pondok Pesantren Banyuanyar yang tengah menjalani ibadah umroh.

Beliau juga menyampaikan doa bersama untuk keselamatan semua, khususnya yang ada NKRI yang akhir-akhir ini banyak dilanda musibah.

"Telah kita lihat bersama musibah-musibah yang terjadi seperti tsunami, gempa, banjir dan longsor," jelasnya.

Dalam mau’dzatul hasanahnya KH. Hasibin menyampaikan bagaimana dapat mempertahankan tradisi lama yang baik, dan mengambil yang baru yang lebih baik.

Beliau juga menyampaikan agar santri Banyuanyar istiqomah berdzikir. 

"Karena dengan berdzikir kita akan dimudahkan rezeki," tuturnya di depan ribuan santri.

"Melihat pergaulan bebas yang semakin merajalela menjadi barometer utama untuk lebih introspeksi diri agar senantiasa lebih baik. Di luar sana berbagai gaya rambut ada ketika saya menuju Banyuanyar, namun ketika saya berada di Pondok Pesantren Banyuanyar saya melihat antusias santri semangat bershalawat," lanjutPengasuh Pondok Pesantren Karang Baru Blumbungan Pemakasan yang juga salah satu alumni senior PP. Banyuanyar.

Dalam sambutan Ketua Yayasan Pondok Pesantren Banyuanyar KH. Hasbullah Muhammad Syamsul Arifin juga mengharapkan doa keselamatan untuk pengasuh. Acara formal diparipurnai dengan doa oleh RH. Yusri.

Berakhirnya acara formal juga mengakhiri istighasah akbar yang beralih pada acara shalawat bersama diikuti oleh ribuan santri. Shalawat dengan grup hadrah gabungan antara Kreasi Santri Banyuanyar (KSB) dan Markaz I’dad (Al-Madad) itu dapat menghipnotis ribuan santri dengan kasida-kasidah islami. Majelis shalawat yang digelar malam itu menjadi alternative solusi untuk menghapus dunia kebebasan dengan mempertahankan shalawat mengaharap syafaat baginada Nabi Muhammad SAW.

Majelis bershalawat yang memakan waktu cukup lama itu membuat semua santri semakin berantusias dan semangat untuk bershalawat, tepat pada jam 00:00 WIB berganti tahun 2018 menjadi 2019 acara istighatsah sekaligus shalawat bersama menjadi tujuan utama untuk lebih baik ke depannya.

(Maron)