Adakan Studi Banding, LPBA-Bahasa Arab Banyuanyar Disambut dengan Baik oleh LPBA-A Sidogiri

By: Faisal Amir | 09 Januari 2019 | 288
Anggota Bahasa Arab saat Studi Banding di Pondok Pesantren SIdogiri
Anggota Bahasa Arab saat Studi Banding di Pondok Pesantren SIdogiri

PASURUAN-Lembaga Pengembangan Bahasa Asing (LPBA) Bagian Bahasa Arab Pondok Pesantren Banyuanyar mengadakan studi banding ke Pondok Pesantren Sidogiri As-Salafi Pasuruan . Anggota studi banding tersebut berjumlah 190 peserta dari Pondok Pesantren Banyuanyar yang merupakan para anggota yang aktif dalam bidang bahasa Arab, baik dari Markaz Lughah Arab (MLA) dan Syu’bah-syu’bah yang berada di Asrama LPBA .

Studi Banding dengan LPBA Pondok Pesantren As-Salafy Sidogiri yang dipimpin oleh Ustadz Moh. Mahbub Shanhaji itu dilaksanakan pada jam 09:00 pagi, Rabu, 09/01/2019. Acara tersebut berlangsung dengan sangat baik dan hidmat.

Para peserta studi banding dari Pondok Pesantren Banyuanyar disambut dengan baik oleh pihak Pondok Pesantren Sidogiri yang saat ini diasuh oleh KH. Nawawi Abdul Jalil tersebut.

Selain mendengarkan perkembangan dan kurikulum bahasa Arab di Sidogiri, anggota  LPBA Pondok Pesantren Banyuanyar juga dibawa ke asrama LPBA-A (Lembaga Pengembangan Bahasa Arab dan Bahasa Asing). Mereka berjumpa dengan para tutor bahasa Arab dan bahasa asing lainnya. Setelah puas bertatap muka dengan anggota LPBA-A Sidogiri, mereka pun melakukan ziarah ke astah Sidogiri.

“Kami melakukan ziarah ke astah Sidogiri, termasuk ke astah KH. Nawawie Nur Hasan,” kata Ustadz Abdul Halim, ketua LPBA Banyuanyar.

Lebih lanjut, dengan adanya studi banding ini, laki-laki asal Bujur Timur itu berharap kesemangatan dan keinginan santri Banyuanyar belajar dan memperdalam bahasa Arab semakin meningkat. Dia juga sangat bahagia dan bangga karena studi banding ke Pondok Pesantren Sidogiri itu berjalan dengan sukses.

"Ilmu yang didapat dari Pondok Pesantren Sidogiri akan diterapkan di Pondok Pesantren Banyuanyar. Dengan harapan LPBA Bidang Bahasa Arab Pondok Pesantren Banyuanyar bisa menelurkan generasi yang paham kebahasaan dan beramaliyah yang baik," ungkap pria yang juga Kadiv Taklimiyah Al-Quran Banyuanyar itu.

Ikut serta dalam rombongan LPBA Pondok Pesantren Banyuanyar pada studi banding tersebut beberapa pengurus pesantren, yaitu Wakil Ketua Umum Pengurus Bidang Ma'hadiyah Ustaz Baisuni Salim, Mudir MLA Ustaz Musfiqurrahman, Ustaz Rofi’ie selaku musyrif Syuabil Markaz, Ustaz Mahrus Ali Wafa (kepala divisi Ta’limiyah Kitab) Ustaz Abdul Halim (ketua LPBA) Ustaz Hasin Abdullah (akil ketua Dewan Islah) dan Ustaz Moh Subahri, salah satu tenaga pengajar Bahasa Arab.

(Faisal/*)