Home / Berita / Ustadz Baisuni : Di Banyuanyar Akan Ada Kampung-Kampung Bahasa

Ustadz Baisuni : Di Banyuanyar Akan Ada Kampung-Kampung Bahasa

BANYUANYAR – Di antara tujuan luhur Pengasuh Pondok Pesantren Banyuanyar KH. Muhammad Syamsul Arifin adalah menjadikan Pondok Pesantren Banyuanyar sebagai pusat bahasa. Semua bahasa diharap bisa ada pengembangannya di Pondok Pesantren Banyuanyar. Ini disampaikan beliau sekitar tahun 2003 saat memberikan sambutan pada acara Markaz Bahasa Arab.

Demikian yang disampaikan Wakil Ketua Umum Pengurus Bidang Ma’hadiyah PP. Banyuanyar Ustadz Baisuni Salim pada acara Haflatul Wida’ Jam’iyah Lughah Arabiyah (JLA), pada Kamis malam, (05/04/2018).

Namun demikian menurut beliau, dari pengembangan bahasa ini Pengasuh menekankan supaya bahasa Arab dikedepankan dari bahasa yang lain.

Oleh sebab ini, sampai saat ini di Pondok Pesantren Banyuanyar didirikan beberapa pengembangan bahasa. Terakhir didirikan pusat pengembangan bahasa Mandarin.

Selanjutnya dalam rangka mewujudkan tujuan Pengasuh tersebut, Ustadz Baisuni merencanakan adanya pusat-pusat bahasa yang lain. Dengan, jelasnya, mengutamakan pengembangan bahasa Arab sebagai bahasa Al-Quran dan sunnah.

Dalam jangka pendek, mantan Mudir Markaz Bahasa Arab itu menyatakan Pengurus PP. Banyuanyar akan membentuk kampung-kampung pengembangan.

“Akan ada kampung-kampung pengembangan, seperti kampung Al-Quran, kampung kitab, termasuk kampung-kampung bahasa,” jelasnya.

“Sehingga nanti kalau ada yang ingin masuk ke wilayah itu, maka dilarang berbicara kecuali dengan bahasa yang diterapkan di dalamnya,” lanjutnya.

Acara Hafaltul Wida’ JLA itu digelar bersamaan dengan penutupan lomba. Tiga kolaborasi grup shalawat PP. Banyuanyar tampil menghibur hadirin yang hadir. Di akhir acara, ditampilkan drama bahasa Arab dan beberapa penampilan menghibur lainnya.

(asd)

Tinggalkan komentar...

About Banyuanyar Media Team

Check Also

Jelang Ramadhan DEMA STIBA Gelar Diklat Kepenulisan.

Sabtu 05/05/2018 Dewan eksekutif mahasiswa DEMA sekolah tinggi ilmu bahasa arab STIBA menggelar diklat kepenulisan. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tada’ kaboenga’an angĕng ĕlmo sĕ mampaat sareng tako’ da’ Allataala karana gapanĕka sĕ daddi kaontongan ban kamoldja’an doennja aherat.